Minggu, 20 Juni 2010

Roti Kukus Iton

Kemarin malam sehabis dinner di Restoran Hay Thien yang terletak di Jalan Muara Karang. Udah beberapa kali makan di Jalan tersebut, sering melewati toko roti kukus Iton tp blm kesampaian niat untuk mampir ke sana. Barulah kemarin malam kesampaian juga niat utk mampir ke sana. Habis makan malam, kita berjalan kaki dari Restoran Hay Thien ke toko roti Iton. Jangan salah, bukan toko roti Eaton yang kumaksud tapi toko roti kukus Iton. Eaton dan Iton memang mirip tulisan dan cara membacanya tapi tokonya beda. Seperti Eaton, Iton juga ada restoran di sebelah toko rotinya.

Toko Roti Kukus dan Restoran iton

Toko R0ti Kukus Iton

Kita sempat hampir keliru mau masuk toko roti Eaton yang ngga jauh dari toko roti kukus Iton. Tampak depan toko roti Iton lebih sederhana dibanding toko roti Eaton. Sebelumnya kita ngga tahu seperti apa roti2 yang dijual di toko Iton maka dengan penasaran aku masuk ke dalam. Setelah masuk kulihat aneka macam bentuk bakpau dengan bentuk lucu2 yang dipajang di dalam chiller, ada bakpao dilukis menyerupai bunga warna warni, bakpao yg polos ato ang ada isinya, bakpao mini, bakpao talas, mantau, bakcang, roti bentuk jagung yang diwarnai kuning dan hijau dll. Yang paling menarik perhatianku adalah bakpau bentuk binatang yang lucuuu sekali. Ada 4 macam bentuk binatang yaitu tikus, landak, babi dan kelinci. Kubaca nama2nya lucu juga, Ly Tikus, Coconut Landak, Pig Lienyung...

Roti Kukus yg kubeli dari Iton

Roti Kukus bentuk binatang, lucuuu kan :)

Pig Lienyung

Ly Tikus

Coconut Landak

Karena sangat gemas dengan bentuknya yg lucu, kubeli yg tikus, landak dan babinya. Tadinya mau beli yg kelinci juga tapi ternyata ukurannya kecil sekali dan mahal Rp.5.000 per buah, maka ngga jadi beli. Setelah membeli, ditanya apakah mau dikukus atau ngga. Karena aku ngga langsung makan maka kuminta ngga usah dikukus. Kubawa pulang dan kusimpan di kulkas untuk kumakan besok. Kemudian besok paginya roti kukusnya kukeluarkan dari kulkas utk dikukus jadi menu sarapan pagi. Kukukus pakai rice cooker yang diisi dengan air panas. Sekitar 15 menit dikukus, akhirnya roti kukusnya siap dimakan. Sebenarnya ngga tega juga makan roti kukus yg lucu bentuknya.

Siap dikukus

Isi kelapa di dalam Coconut Landak

Isi Kacang Hijau di dalam Pig Lienyung
dan juga sama di dalam Ly Tikus


Setelah puas memotret2, dengan berat hati kumakan satu persatu roti kukusnya. Pertama kuambil Coconut Landak krn warna dan bentuknya paling menarik hehe. Ternyata dugaanku ngga salah, isinya memang kelapa sesuai namanya Coconut Landak. Isinya parutan kelapa dengan gula merah jadi rasanya manis. Kemudian Pig Lienyung dan Ly Tikus, isinya kacang hijau. Setelah dicicipi semua, menurutku rasa roti kukusnya ngga ada spesial. Cuma bentuk2nya yg sangat menarik, cocok untuk oleh-oleh atau parcel :)

Update April 2011:
Awal November kemarin aku mampir ke toko Roti Kukus Iton lagi habis makan malam di Hay Thien, kali ini aku memilih roti lucu bentuk lain lagi selain bentuk binatang yaitu buah persik. Bentuknya benar2 menggemaskan maka merasa sayang ketika mau makan hehe...

Roti Kukus bentuk Persik

6 komentar:

Narita mengatakan...

Harganya berapaan sist? lucu" ^^

btw yang hello kitty juga beli disana?

Onik mengatakan...

Narita, iya lucu banget bentuk roti kukusnya ^^ harganya berkisar Rp. 5.000 sampai Rp.7.700 (yang paling murah Coconut Landak)
yup yg hello kitty juga beli di sana, itu ngga ada isinya jadi ngga mahal, harganya Rp.2.700 ^^

i LiKe 2 eAt~~ mengatakan...

hai, salam kenal, tanya donk, roti kukus nya ada yang bentuk buah persik ga?

OnikChan mengatakan...

@I Like 2 Eat, ada roti kukus bentuk persik. aku baru update gambarnya yah ^^
bentuknya lucu banget, kalo disusun dalam jumlah banyak akan jadi cantik untuk dihadiahkan ke teman atau kerabat :)

i LiKe 2 eAt~~ mengatakan...

wah ada juga yah, harganya berapa yg roti kukus persik? itu isi lotus bukan?
iya nih, kebetulan emang cari yg model persik utk dihadiahkan ke org, thanks for the info

OnikChan mengatakan...

@I Like 2 Eat, aku lupa harga berapa roti bentukpersik itu. mungkin sis bisa telpon ke tokonya tanya harga?

Iton Restaurant And Pao
Pluit Karang Jelita Blok R4Timur No 26.Telp 661.9460

Iton Pao Counter express
Grand Lucky Superstore
jalan asia afrika lot 19 jakarta 10270 telp 968.123.09

iton pao shop
Senayan city LG unit L 56
Telp 727.822.61