Kamis, 10 Februari 2011

King of Baking, Kim Tak Goo vs Sungkyunkwan Scandal


D
ua hari yang lalu, aku baru selesai nonton DVD drama King of Baking, Kim Tak Goo. Sebenarnya udah lama tahu tentang film ini meraih rating tinggi tp karena banyak yg bilang filmnya sedih maka agak males nonton. Aku membeli DVD drama Sungkyunkwan Scandal duluan dan udah nonton duluan drpd King of Baking, ternyata aku sangat suka Sungkyunkwan Scandal. Karena penasaran dengan berita bahwa ratingnya tinggi sampe 38,6% mengalahkan Sungkyunkwan Scandal yang hanya meraih rating 10,1%. Sungkyunkwan Scandal saja udah bagus sekali menurutku, apakah King of Baking lebih bagus lagi dari Sungkyunkwan Scandal? Akhir Januari kmrn aku pun membeli DVD King of Baking dan langung menontonnya. Kedua film tsb sama2 meraih 6 piala penghargaan dari KBS Award 2010. Mari kita bandingkan kedua film tsb...

King of Baking, Kim Tak Goo


Rating: 38,6%
Episode: 30
Award:
2010 KBS Drama Awards: Top Excellence Award - Actress (Jun In Hwa)
2010 KBS Drama Awards: Excellence Award, Mini Series - Actor (Yoon Shi Yoon)
2010 KBS Drama Awards: Excellence Award, Mini Series - Actress (Eugene)
2010 KBS Drama Awards: Writer Award (Kang Eun Kyung)
2010 KBS Drama Awards: Youth Actor Award (Oh Jae Moo)
2010 KBS Drama Awards: Best Couple Award (Yoon Shi Yoon and Lee Young Ah)

Sinopsis cerita:


Karena bos perusahaan raksasa Geosung Food, Goo Il Jong ngga mendapat putra dari istrinya maka Goo Il Jong menghamili Kim Mi Sun seorang pelayan dari Seo In Sook istri dari Goo Il Jong. Hal ini membuat Seo In Sook marah sekali, Kim Mi Sun diperintahkan untuk menggugurkan kandungannya tp Kim Mi Sun ngga rela maka menghilang diam2. Seo In Sook kemudian diam2 berselingkuh dengan Manajer Han Seung Jae yang merupakan tangan kanan Goo Il Sung demi memberi putra pada Goo Il Sung. Seo In Sook pun hamil dan mengatakan itu adalah putra Goo Il Jong. Seo In Sook bersama Manajer Han membuat rencana jahat bahwa kelak putra mereka akan mewarisi Geosung Food dan mereka akan bisa menguasainya bersama2 putra mereka.

Kemudian, Kim Mi Sun melahirkan putra bernama Kim Tak Goo. Dan Seo In Sook juga melahirkan putra bernama Goo Ma Joon. Saat keduanya berumur 12 tahun, Kim Mi Sun membawa Kim Tak Goo ke rumah Goo Il Jong agar dibesarkan dan dididik oleh Goo Il Jong. Karena egois dan menginginkan Kim Tak Goo untuk dirinya sendiri maka Goo Il Jong mengirim orang untuk menculik Kim Mi Sun (ibunya Kim Tak Goo) agar ngga bisa bertemu Kim Tak Goo lagi namun terjadi kecelakaan karena ibunya jatuh dari tebing ketika berusaha melarikan diri. Kim Tak Goo ngga percaya ibunya meninggal maka Kim tak Goo memilih untuk meninggalkan rumah Goo Il Jong dan terus mencarinya selama 12 tahun hingga dewasa.

Setelah tumbuh jadi dewasa, Kim Tak Goo dan Goo Ma Joon bertemu secara ngga sengaja saat mau belajar membuat roti di Pal Bong Bakery di mana Master Pal Bong merupakan guru ayah mereka juga. Karena Goo Ma Joon mengganti nama menjadi Seo Tae Joo maka Kim Tak Goo ngga mengenalinya, sebaliknya Goo Ma Joon mengenali Kim Tak Goo maka berusaha menjatuhkannya. Keduanya kemudian berkompetisi untuk mendapat sertifikat dari Master Pal Bong yang konon sangat sulit didapatkan. Goo Ma Joon dengan berbagai cara licik berusaha mencekal Kim Tak Goo demi mendapat kemenangan. Goo Ma Joon dari kecil udah sangat beci pada Kim Tak Goo yang selalu mendapatkan perhatian dari ayahnya maka segala cara dilakukan agar Kin Tak Goo celaka bahkan kekasih masa kecil Kim Tak Goo, Shin Yoo Kyung juga direbut dan dinikai oleh Goo Ma Joon.

Film ini berakhir happy ending, ngga ada yang jahat dan ngga ada yg baik di film ini. Segala masalah dan perselisihan terjadi di dalam keluarga sendiri karena keserakahan, anak2 yang menjadi korban dari perbuatan orang tua sendiri terutama Goo Ma Joon. Karena kutulusan dan kepolosan Kim Tak Goo, akhirnya semua berakhir dengan baik. Menonton film ini, kita bisa mendapat banyak hikmahnya. Kebaikan selalu menang kalo bersabar dan kebenaran juga selalu menang pada akhirnya. Filmnya memang termasuk sedih dan bukan jenis film yang menghibur.


2010 KBS Drama Awards:
Excellence Award, Mini Series - Actor (Yoon Shi Yoon)


2010 KBS Drama Awards:
Best Couple Award (Yoon Shi Yoon and Lee Young Ah)

Sungkyunkwan Scandal


Rating: 10,1% Award:
2010 KBS Drama Awards: Excellence Award, Novella Drama - Actress (Park Min Young)
2010 KBS Drama Awards: Newcomer Actor Award (Micky Yoochun)
2010 KBS Drama Awards: Popularity Award (Song Joong Ki)
2010 KBS Drama Awards: Netizens' Award (Park Min Young and Micky Yoochun)
2010 KBS Drama Awards: Best Couple Award (Park Min Young and Micky Yoochun)
2010 KBS Drama Awards: Best Couple Award (Song Joong Ki and Yoo Ah In)

Sinopsis:


Karena Kim Yoon Hee anak gadis dari keluarga miskin dan ngga mampu membeli obat untuk kakaknya yang sakit2an maka menyamar menjadi pria memakai nama kakaknya Kim Yoon Shik, bekerja di perpustakaan demi mencari uang untuk membeli obat. Lee Sun Joon, anak menteri secara ngga sengaja melihat bakat Kim Yoon Shik pun mengatur agar Kim Yoon Shik ikut ujian negara. Dan akhirnya Lee Sun Joon dan Kim Yoon Shik bersama2 berhasil masuk ke Sungkyunkwan, universitas milik Kaisar.

Segala macam tantangan terjadi di Sungkyunkwan, terutama karena dipersulit oleh Han In Soo yang merupakan presiden mahasiswa di Sungkyunkwan. Lee Sun Joon dan Kim Yoon Shik mendapat 2 teman baru, Goo Yong Ha dan Moon Jae Shin. Kim Yoon Shik dijuluki pelajar cantik, dengan cepat mendapat perhatian dengan kegigihan dan kecerdasannya. Berbagai rintangan berhasil dilewati mulai dari kompetisi panahan sampe kasus pencurian membuat hubungan keempat sahabat makin erat dan mendapat kepercayaan kaisar untuk mencari dokumen rahasia yang hilang sejak lama.

Karena sering bersama2, akhirnya Lee Sun Joon jatuh hati pada Kim Yoon Shik. Karena sadar bahwa perasaan suka terhadap sesama itu ngga benar maka Lee Sun Joon bersedia menikah dengan adiknya Han In Soo (putri Menteri Perang) untuk menyangkal perasaannya. Saat2 terakhir sebelum bertunangan, Lee Sun Joon akhirnya ngga bisa menyangkal perasaannya dan menyatakan perasaannya kepada Kim Yoon Shik. Dengan perasaan pedih, Lee Sun Joon mengatakan bahwa mereka jangan bertemu lagi karena takut ngga bisa menahan perasaannya. Saat Kim Yoon Shik ingin menjelaskan tapi terpeleset dan jatuh ke air, diselamatkan oleh Lee Sun Joon. Ketika ingin menyelamatkan, Lee Sun Joon pun membuka baju Kim Yoon Shik dan kaget karena ternyata Kim Yoon Shik adalah wanita.

2010 KBS Drama Awards:
Newcomer Actor Award (Micky Yoochun)

2010 KBS Drama Awards:
Best Couple Award (Park Min Young and Micky Yoochun)


Film ini sangat menghibur dan aku sangat menyukainya, jalan ceritanya unik dan segar. Happy endingnya juga memuaskan. Aku sampe nonton 2x dan masih belum bosan :) Aku sangat suka tokoh utamanya Lee Sun Joon, senyumnya yg tipis dan sikapnya yang tenang. Dan tentu saja juga karena kejeniusannya. Aku suka sekali saat keempat sahabat (lee Sun Joon, Kim Yoon Shik, Goo Yong Ha dan Moon Jae Shin) berkumpul dan dijuluki Jalegum Quartet, dengan kompak bersama2 memecahkan kasus dan mendapat kemenangan mengalahkan kelompok Ha In Soo.

Komentar:

Setelah nonton kedua film tsb, aku lebih suka Sungkyunkwan Scandal dibanding King of Baking. Entah apa yang membuat ratingnya kalah dengan King of Baking. Kupikir apakah disebabkan karena tema dan covernya yg kelihatan kurang menarik di mana tokohnya memakai pakaian pelajar jaman dulu. Saat aku membeli DVD-nya juga ragu2 apa filmnya bagus tapi sangat direkomendasikan oleh penjual DVD-nya maka kubeli. Setelah membelinya malah kusimpan saja sampe 2 bulan. Karena mulai dibicarakan kalo filmnya bagus maka aku mulai nonton dan ternyata benar2 bagus filmnya dan aku sangat suka. Jalan ceritanya unik dan sangat menghibur, saat aku menontonnya aku selalu senyum2. Pokoknya Sungkyunkwan Scandal wajib ditonton! ^^

11 komentar:

Jenny Jule mengatakan...

Yang baking itu banyak cerita ttg baking nya ga? Gw tertarik nih kl banyak ngebahas masalah bikin kuenya.

OnikChan mengatakan...

@Jenny Jule, film King of Baking ada membahas cara bikin roti tp ngga banyak sih. lebih banyak cerita perselisihan dalam keluarga ^^

Investasi mengatakan...

King of Baking salah satu drama Korea terbagus yang pernah saya tonton.

Sungkyunkwan Scandal lebih bagus? jadi ingin nonton. Semoga tayang di TV Indonesia.

OnikChan mengatakan...

@Investasi, tiap org selera beda2. aku sbg cewek suka Sungyunkwan Scandal soalnya filmnya ada romantisnya yang biasanya disukai cewek :)
King of Baking bagus kok, selain itu Queen Soen Doek juga bagus ^^

salgy mengatakan...

huhuhu....dvdku yg si kim takgu yg terakhir gak bisa disetel...btw,nice review

OnikChan mengatakan...

@salgy, thank you dah mampir. iya sering kualami pas di episode terakhir malah ngga bisa jalan sungguh bikin kesel. sis bisa coba nonton di Youtube, ada teks english dan gambarnya jernih pula :)

Erik mengatakan...

Sinopsisnyalengkap nih. Memang kadang karena covernya kurang bagus atau promonya kurang, bisa menyebabkan ratingnya kurang tinggi.

Kapan2 mau cari dvdnya juga.

Dewi mengatakan...

Sungkyunkwan Scandal bagus ya mbak? Banyak yg bilang gt sih tp blom tertarik nnton cuz settingannya jaman dulu, tp abis baca reviewnya mbak onik jd niat pgn nntn. Hehe...

Kalo King of Baking ga minat deh kayaknya cuz katanya tipe drama serius gt yah, cuz aku lebih suka yg komedi romantis. :p

Oiya ada rekomendasi K-Drama yg bagus lg ga mbak, yg baru2 aja, cuz aku lg hobi nntn K-Drama, yg tema komedi romantis pastinya. Thx. :D

♥ Chaoi ♥ mengatakan...

aku nonton Baker King karena Joo Woon yang jd Goo Ma Joon <3
begitu tau ceritanya bagus, langsung deh nyebar 'racun' ke keluarga dan teman2 biar pada nonton Baker King ini :)

OnikChan mengatakan...

@Dewi, Baker King benar film serius... kalo Sungkyunkwan Scandal bukan film serius... filmnya lucu dan romantis... pokoknya sangat menghibur :)
Drama Fairy Lady, sis udah nonton belum? Filmnya bukan baru tp bagus, komedi romantis :)
Trus My Girlfriend is Gumiho juga komedi romantis, walau ngga bagus banget ceritanya tp menghibur :)

@Chaoi, yup aku juga suka Joo Woon... bagus aktingnya :)

'afaaf mengatakan...

bener - bener recommened drama..
pesan moral ny juga banyak.. tentang persahabatan, nationalisme, prinsip, kepercayaan,, ^_^