Rabu, 02 April 2008

Liburan Paskah ke Semarang - Yogyakarta

Libur panjang, paskah kemarin kita ke Semarang trus ke Yogyakarta... Dengan misi utama, mengunjungi Gua Maria Tritis. Hari yang melelahkan sekaligus menyenangkan :)

Kamis pagi, 20 Maret 2008 kita berangkat ke Semarang... dijemput orang tuaku dan keponakan2ku yg manis. Setelah jalan2 dan beristirahat, kami makan malam di restoran Ikan Bakar Cianjur yang terletak di daerah Candi.

Dinner di Ikan Bakar Cianjur, di Semarang juga ada lho...

Jumat pagi2 jam 05.30, tgl 21 Maret 2008 kita berangkat ke Yogyakarta naik mobil.

Berangkat ke Yogya di pagi hari, matahari baru terbit

Jam 08.00 kita sampe Yogya dan kita pun mencari rumah makan untuk sarapan, kebanyakan toko maupun rumah makan belum buka. Untunglah rumah makan nasi gudeg Bu Juminten sudah buka dan sudah banyak pengunjung pula.

Sarapan di Yogya, nasi gudeg! Hanya Rp.8000 per porsi...

Setelah perut kenyang, kita pun berangkat menuju Gua Maria Tritis. Suasana Yogyakarta masih lenggang termasuk Malioboro yang biasanya ramai.

Suasana Malioboro di pagi hari, masih sepi....

Pemandangan di perjalanan menuju Gua Maria Tritis (dari mobil)

Setelah perjalanan panjang dari Yogya sekitar 2 jam, akhirnya kami sampe ke perhentian mobil kemudian jalan kaki ke Gua Maria Tritis. Udara saat itu cukup panas.

Suasana alam hijau dengan jalanan yg
harus dilewati
dengan jalan kaki menuju Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis dari kejauhan, tujuan akhir dari perjalanan ini...

Gua Maria Tritis

Dari Gua Maria Tritis, sekitar jam 13.00 kita mampir ke pantai Baron. Pantainya ramai pengunjung, pantainya dipenuhi kapal nelayan.

Pantai Baron jadi singgahan kami setelah Gua Maria Tritis,
hanya 7 km jaraknya dari Gua Maria Tritis

Kemudian kita kembali ke Yogyakarta, hujan mulai turun deras di sepanjang perjalanan. jam 16.00 sore kita sampai Yogyakarta dan langsung check in ke hotel yang telah kami pesan sebelumnya. Setelah mandi, kita langsung beristirahat. Benar2 sangat lelah.

Hotel Quality, tempat kami menginap

Sabtu tgl 22 Maret 2008 setelah beristirahat dan sarapan di hotel, kami melanjutkan perjalanan ke Gua Maria Sendang Sono yang terletak di Muntilan (dekat Magelang).

Sarapan dulu di hotel sebelum berangkat ke Sendang Sono

Kami check out dari hotel jam 10.00, langsung menuju Sendang Sono. Ternyata perjalanannya panjang dan berliku2 masuk jauh ke hutan hutan. Banyak belokan tajam dan naik turun.

Perjalanan ke Sendang Sono yang jauh dan Berliku

Gua Maria Sendang Sono di Muntilan

Akhirnya kami sampai ke Sendang Sono, ternyata pemandangannya berbeda jauh dari Gua Maria Tritis yang terpencil dan sepi. Sendang Sono ini lebih banyak pengunjung dan banyak bangunan buatan manusia.

Suasana di Sendang Sono

Setelah mengunjungi Sendang Sono, kami mampir ke Candi Borobudur yang terkenal. Sudah lama sekali kami ngga ke sana. Dan ketika kami ke sana, banyak sekali pengunjung yang juga ke sana. Borobudurnya masih indah tapi sedih juga melihat pengunjung tidak menghargai budaya bangsa mereka sendiri. Banyak sampah makanan dan minuman berceceran dan pengunjungnya banyak yang mendaki/menaiki stupa padahal ada papan larangannya.

Borobudur jadi perhentian kami berikutnya...

Beautiful Borobudur...

Pulang dari Candi Borobudur, hari udah sore jam 16.00. Hujan gerimis. Beberapa kilometer sblm Ambarawa, kita mampir ke kopi Eva istirahat sebentar sambil minum susu kopi dan tahu rebus yang terkenal di sana.

Mampir sejenak di Kopi Eva, minum kopi susu dan makan tahu rebus

Tahu rebus yg enak, apalagi dimakan hangat2 di udara dingin...
Hanya Rp.2000 per potong...

Tidak jauh dari Kopi Eva, sampailah kami ke Gua Maria Kerep di Ambarawa. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan krn tidak jauh dari jalan raya.

Singgahan Terakhir, Gua Maria Kerep di Ambarawa

Setelah dar Gua Maria Kerep, kami pun pulang ke Semarang dengan badan lelah dan membawa banyak cerita...