Rabu, 30 Desember 2009

Liburan Natal di Singapore (Part 1)

Day 1 : Christmas Eve

Di hari pertama liburan Natal ini, kita berangkat ke Singapore naik pesawat pertama yaitu pada jam 07.20. Ada keterlambatan, kita baru take off jam 07.45 dan mendarat di Changi Airport jam 10.15 waktu Singapore (Waktu Singapore maju sejam dari waktu Jakarta). Ternyata hujan cukup deras di Singapore saat kita tiba. Dari Changi Airport, kita naik taxi menuju Lucky Plaza Apartemen, tempat kita nginap untuk menaruh koper2. Ternyata kamar yg akan kita tempati belum siap, maka kita taruh koper di depan kamar dan kita mulai jalan2 di sepanjang Orchard Road cuci mata sambil mencari makan siang. Untunglah hujan sudah berhenti.

Dekorasi Tangs yg keemasan

Di sepanjang Orchard Road tampak banyak dekorasi Natal yg menarik, bagian depan mall didekorasi dengan cantik dan di depan tiap mall memiliki pohon natal sendiri dengan dekorasi yg berbeda2. Dekorasi mall yg paling menarik perhatianku adalah mall Tangs dengan dekorasi bernuansa emas dan mewah, tampak sangat mengundang pengunjung untuk masuk ke dalam. Kemudian kita menyeberang ke Wisma Atria untuk mencari makan siang. Saat itu udah jam 12 siang lewat, kita memilih makan di Food Republic yang menawarkan banyak pilihan menu makanan. Akhirnya kita memilih menu set ikan, ternyata kita ngga salah pilih karena ikannya enak sekali. Dagingnya lembut dan putih. Makan siang pertama di Singapore yg memuaskan :)

Suasana di Food Republic

Suasana yg nyaman dan bersih

Counter penjualan minuman

Salmon Menu Set

Fish Menu set
(lupa nama menunya)

Setelah makan siang, kita mencari kopi untuk mengusir ngantuk. Malam sebelum berangkat kita baru tidur jam 1 lewat tengah malam dan kemudian paginya bangun jam 04.30 jadi jelas kita kekurangan tidur hehe. Kita mampir ke Toast Box yg bersebelahan dengan Food Republic, kita hanya memesan minuman kopi saja sambil istirahat sejenak sebelum melanjutkan jalan2. Di Toast Box Benny menelpon mengabari teman2nya bahwa kami udah tiba di Singapore dan mengadakan janji ketemu dengan teman kami, Joann dan Richard sore ini di Bedok jam 6 sore untuk ke acara kebaktian malam natal bersama di Singapore Expo. Jadi kita masih ada sisa waktu untuk jalan2 dulu sebelum jam 5 sore untuk mandi dan berganti pakaian.

Toast Box

Kopi panas dan kopi dingin

Setelah merasa lebih berenergi habis makan siang dan minum kopi, kita lanjut jalan2 sampe ke Ngee Ann City. Di sana ada Watson terbesar di Singapore, tanpa bisa menahan diri aku langsung masuk. Di Citraland Jakarta, Watson yg luasnya hanya sepertiganya aja aku bisa betah lama2 di dalam apalagi Watson ini yg lebih luas :) Begitu banyak barang yg dipajang di sana sampe bingung mau beli yg mana, ada berbagai merk yg dijual di sana mulai dari Majolica Majorca, Cetaphill, Neutrogena, Nivea, Maybelline dll. Akhirnya aku membeli Bourjois eyeliner pencil dan cleansing oil sheets. Kemudian kita menuju lobby dari Ngee Ann City yg ada pohon natal indah.

Watson terbesar di Ngee Ann City

Tampak dalam Watson

Begitu banyak barang2 yg sangat menggoda

Pohon natal di lobby Ngee Ann City

Dari Ngee Ann City kita berjalan lagi di Orcard Road sambil menikmati suasana natal dengan adanya aneka pohon2 natal dan berbagai dekorasi lucu2 di sepanjang Orchard Road. Ada pohon natal yg benar2 unik karena pohon natalnya disusun dari bola2 coklat Ferrero Rocher raksasa, kayaknya isinya bukan coklat beneran tapi hanya replika coklatnya saja dengan ukuran yg lebih besar. Kita juga melewati Paragon dengan pohon natal dan hiasan kupu2nya yg cantik.

Orchard Road dengan dekorasi natal

Pohon Natal dari coklat Ferrero Rocher

Detail coklat Ferrero Rocher

Pohon natal di depan Paragon

Dari Orchard Road, kita naik MRT ke Boat Quay di mana kita bisa menikmati pemandangan sungai dengan kapal melintasi sungai tsb. Boat Quat agak berseberangan dengan Clarke Quay. Dlm perjalanan ke sana, kita melewati pohon natal menarik krn dikawal 6 buah boneka prajurit raksasa yang mengelilingi pohon natalnya. Setelah sampe tepi sungai, kita duduk2 di sana. Kita ngga sendirian krn banyak orang juga duduk2 di sana sambil menikmati pemandangan. Ngga jauh dr situ ada banyak burung2 bergerombol di sekitar orang yang memberi makanan pada burung2 tsb. Kemudian waktu sudah menunjukkan jam 4 sore, sudah waktunya kami balik ke apartemen untuk mandi dan bersiap ketemu teman kami di Bedok. Dalam perjalanan pulang, kulihat pohon natal menarik lainnya, pohon natal yg terbuat dari lempengan besi berbentuk orang2an dengan warna dominasi merah di taman tengah persimpangan jalan.

Pohon natal dengan 6 boneka prajurit

Pemandangan di Boat Quay

Pohon Natal dari lempengan besi bentuk orang2an

Setelah mandi dan berganti baju, kita langsung menuju Bedok naik MRT ke tempat Joann dan Richard bekerja di sana. Mereka adalah pasangan suami istri yang tinggal Singapore. Benny pertama kali kenalan dengan mereka ketika menghadiri seminar Anthony Robbin September yg lalu dan sejak itu mereka berteman baik. Dan ini pertama kalinya aku bertemu dengan mereka. Ternyata mereka sangat ramah dan baik sekali. Setelah bertemu mereka, kita langsung menuju Expo Singapore naik mobil mereka. Dari kejauhan bisa kulihat ada lautan manusia menuju ke Expo Singapore. Setelah mendapat parkir yang jauh saking penuhnya lapangan parkirnya, kita berjalan ke Expo Singapore dan ikut antri masuk ke aulanya yg sangat luas. Sungguh menakjubkan melihat ruangan yg begitu besar sangat penuh dipadati oleh manusia yang ingin ikut serta kebaktian malam natal juga seolah malam itu seluruh orang singapore berkumpul di situ. Kami nyaris ngga dapat tempat duduk, dan akhirnya hanya bisa duduk di bawah bagian belakang sehingga ngga bisa mendapat sudut yg bagus untuk memotret.

Menuju pelataran parkir

Antri untuk masuk ke aula

Lautan manusia memenuhi aulanya

Acara kebaktian diisi dengan nyanyian puji2an dan pertunjukkan tentang kelahiran Yesus dengan drama modern. Sebelum kotbah dimulai, kami keluar dan mencari makan malam di Lau Pa Sat yang artinya old market dalam bahasa China. Tempat makan terbuka dengan meja kursi memenuhi jalan, dan ada juga tempat makan di dalam ruangan yg berupa bangunan kuno dengan desain antik peninggalan Inggris. Kita memilih makan di dalam ruangan dan kita sepasang2 berpencar mencari makanan. Kami memilih masakan Korea, sedangkan Joann dan Richard memilih sate ayam. Setelah hidangan disajikan, kita yang sudah kelaparan langsung menyantap. Semuanya enak. Masakan koreanya ngga mahal dan porsinya banyak benar. Saat memesan masakan Korea, kulihat kokinya sendirian memasak dan menyiapkan semuanya, ngga ada pelayan, ngga ada tukang cuci piring. Sedang sate ayamnya juga enak, beda dengan sate ayam di sini karena di sana sate ayam ada rasa kari dan bahkan bumbu kacangnya juga ada rasa kari sehingga terasa gurih.

Suasana tempat makan outdoor di Lao Pa Sat

Suasana tempat makan indoor di Lao Pa Sat

Detail interior yg menarik

Deretan penjual sate ayam

Masakan Korea Beef BBQ, enakk!!

Sate ayam, ada lontong gede, potongan nanas,
timun dan bawang merah


Selesai makan malam, jam sudah menunjukkan pukul 11 lewat. Kita pun beranjak menuju ke Orchard Road untuk melihat suasana malam natal di sana yg meriah. Kita berkeliling naik mobil dan ternyata sangat macet di setiap jalan yang menuju ke Orchard Road. Mobilnya berjalan tersendat di sepanjang Orchard Road. Dari dalam mobil, kita melihat2 pemandangan indah di Orchard Road yg penuh lampu2 dekorasi natal dan banyak orang2 berjalan di sepanjang Orchard Road. Di beberapa tempat, ada lautan manusia berkumpul menyambut natal. Saat jam menunjukkan jam 12 tengah malam, kita berempat saling mengucapkan selamat natal di dalam mobil. Merry Christmas!!

Suasana malam natal di Orchard Road

Suasana malam natal di Orchard Road

Lautan manusia memenuhi area depan salah satu mall

Karena ujung Orchard Road masih jauh dan masih macet jadi kita belok kiri untuk mengantar kami pulang ke apartemen Lucky Plaza. Sekitar pukul 12.30 tengah malam akhirnya kita sampe ke Lucky Plaza dengan kelelahan tapi dengan rasa puas. Kita pun segera beristirahat dan siap2 menyambut hari esok. Kami mau diajak Joann dan Richard jalan2 ke Museum Nasional Singapore.

Bersambung ke Liburan Natal di Singapore (Part 2)
Day 2 : Museum & Clarke Quay

4 komentar:

Sigit mengatakan...

Nice info.. menarik sekali, saya jadi tau banyak tentang singapore.

btw, buat referensi aja, kalo mau tau info2 terkini seputar Orchard road, bisa join di sini ya :


http://twitter.com/playatorchard
http://www.facebook.com/pages/CRACK/169449070333?ref=ts
http://www.youtube.com/playatorchard

Thx !

Eny mengatakan...

wih.. malam natal di singapura ternyata indah sekali yaa !! semoga tahun ini aku bisa pergi ke singapura ...

@ Sigit , terima kasih infonya .. aku join yaa !!

Onik mengatakan...

@ Sigit, thank you for sharing linknya ^^ jadi makin ingin balik ke Singapore lagi hehe.

@Eny, iya malam natal di Singpore baguuus tp sayang salenya kurang "menggigit" ^^,

nonadita mengatakan...

Singapore di kala akhir tahun memang sungguh cantik ya! Banyak lampu dan pohon Natal di mana-mana