Minggu, 19 September 2010

KOREAN FOODS!

Belakangan ini aku suka makan makanan Korea terutama kimchi, tentu saja gara2 kebanyakan nonton drama Korea hehe... Semua yg suka nonton drama Korea pasti tahu kalo masakan Korea rata2 pedas semua so jangan kaget kalo mendapati semua masakan Korea pedas2, bahkan ada yg pedasnya kelewatan dan bisa membuat sakit perut. Sudah lebih dari sebulan yang lalu aku membeli bungkusan Ramyeon dari Korea sebanyak 25 bungkus dan kini udah tinggal 2 bungkus. Awalnya ngiler sampe membeli banyak Ramyeon bungkusannya tp akhirnya malah jadi enek dan bosan makan ramyeonnya. Kalo makan indomie merk Indonesia malah ngga bosan2, memang bener2 indomie selera Indonesia hehe :p

Penampakan Ramyeon bungkusan

Ramyeon pertama yg kucoba

Ramyeon setelah jadi
lengkap dengan sendok sumpit khas Korea ^^

Bungkusan Ramyeon gede2 kalo dibandung kemasan Indomie, harga di sini rata2 Rp.6000 per bungkus. Dan semuanya ngga ada yg tidak pedas! Yang ada HOT, kalo ngga ada tulisan HOT berarti pedasnya biasa. Setahuku hanya ada satu bungkusan yg HOT, kemasannya warna kuning. Udah kucoba dan benar2 pedas sekali maka kucampur dengan Ramyeon lain yg pedasnya sedang. Tekstur mienya lebih tebal dan kenyal kalo dibanding dengan indomie. kuahnya tentu saja selalu berwarna merah karena ada cabe. Setelah mencoba 5 macam ramyeonnya tapi tetap saja ngga inget mana yg enak soalnya yg paling terasa adalah pedasnya. Menurutku rata2 sama enaknya.

Ttokpoki dalan kemasan

Harganya mahal juga :(

Minggu lalu ketika mampir ke Lotte Mart yang dulunya adalah Makro, konon Lotte Mart adalah perusahan milik Korea. Maka ngga heran kalo mendapati banyak macam makanan Korea di sana. Ada Kimchi, ttokpoki dan aneka asinan lainnya. Ketika melihat ada yang menjual ttokpoki, langsung teringat drama Korea yang sering banget menampilkan jajanan di pinggir jalan di mana para tokohnya makan dengan lezatnya aneka macam jajanan dengan menusuk jajanan dulu kemudian mencelupkan ke dalam kuah saos pedas dengan tusukan panjang. Salah satu jajanan itu namanya ttokpoki yang berupa kue beras yang disiram kuah pedas. Yang pernah nonton Boys Berfore Flowers pasti nonton adegan Goo Joon Pyo yang diperankan oleh Lee Min Hoo yang ganteng itu saat memakan Ttokpoki di pinggir jalan. Adegan tsb sungguh membuatku ingin mencoba makan Ttokpoki, karena itu aku langsung gembira ketika mendapati ttokpoki dijual di Lotte Mart dalam kemasan mentah. Harganya mahal juga tp krn sangat penasaran maka tetap membelinya.

Ttokpoki setelah jadi

Potongan ttokpoki disiram saos pedas

Setelah dimasak, akhirnya bisa mencicipi seperti apa Ttokpoki yg udah lama mmebuatku penasaran. Ternyata ttokpoki rasanya hambar, itu berupa kue beras dan ngga enak kalo dimakan begitu saja. Kalo dimakan kenyal2 seperti makan jenang. Saosnya benar2 pedas, ada rasa bawang putih bercampur tauco. Rasanya gurih dan pedas. Ketika melihat tekstur saosnya, aku ngga yakin apakah itu saos yg sama dengan yang dijual di Korea soalnya pernah kulihat foto2 kalo saos ttokpoki teksturnya halus dan ngga tampak biji2 cabe. Setelah makan maka rasa penasaranku pun hilang dan ternyata ngga seenak seperti yang kubayangkan hehe...

Cham Bungeo Ssamanko

Cham Bungeo Ssamanko setelah dibuka

Penampakan isinya, es krim vanilla
dengan kacang merah


Terakhir tentang es krim! Sebelumya aku pernah posting tentang es krim Korea di sini. Aku ternyata melewatkan es krim yang terenak (merk Binggrae) yaitu Cham Bungeo Ssamanko. sebenarnya udah lama melihatnya tapi ngga membelinya karena harganya mahal yaitu Rp.14.000 per buah. Pertama kali kumakan justru di restoran Jepang, Sushi Tei. Es kirimnya dengan lapisan luar dari wafer berbentuk ikan, isinya es krim vanilla dengan kacang merah. Kombinasi yang sempurna dan ngga bosan2 makan es krim tsb. Itulah es krim Korea terfavoritku! Es krim Korea Binggrae sekarang udah mudah didapat di mana2, coba dicari di toko buah ato restoran Korea :)

5 komentar:

Music Invest Tools mengatakan...

sama, saya dulu juga pernah keranjingan makan mie korea, sampai beli panci khas korea khusus untuk masak mie.

Octarina mengatakan...

Octa:
ada tuh sis ddeokboki yg dijual di Yogya harganya lebih murah :D
klo masak ddeokbokki mending campur pake bawang daun biar bumbunya lebih harum trus dicampur sayuran kayak wortel, sawi ato pake bakso ikan, pasti lebih enak, aku biasany masak ddeokboki pake itu ^^

Aristy mengatakan...

ddeokboki yang dijual di jgja dimna nya?? aku penasaran banget rasanya gimna.. kalo kimchi yang udah jadi ada ga?? kemaren aku bikin kimchi tapi rasanya aneh :(
pleaasee kasih info..

OnikChan mengatakan...

@Music Invest Tools, panci Korea juga dibeli? yang kayak di drama korea itu yah, kalo makan tutupnya dijadikan piring? hehe ^^

@Octarina, boleh juga tuh resepnya. ntar kalo mampir ke Yogya kucoba lirik2 ke bagian makanan :p

@Aristy, sis lokasi di mana? kalo di Jakarta ada di Lotte Mart. banyak macam makanan Korea tersedia di sana. Kimchi siap makan juga ada banyak pilihan ^^

adeline mengatakan...

chingu, salam kenall... (saya cari2 info tentang makanan korea, jd maampir kesini deh...hehe)

saya juga suka nyicip makanan korea. oya, kalo mau masak2 makanan korea, buka aja koreataste.org, disitu banyak banget resep n cara buat makanan korea..
(saya tau dr KTO Indonesia)

coba deh liat.. TOP BGT deh..hehe