Kamis, 22 Januari 2009

Suasana Imlek di CL, MTA dan Puri Indah Mall

Setiap mall sering mengganti dekorasi di atriumnya sesuai dengan perayaan yang akan datang. Untuk menyambut natal, mall penuh dekorasi natal. Menyambut lebaran, mall pun penuh dekorasi lebaran. Kini menyambut tahun baru imlek, mall2 pun mendekorasi atriumnya dengan nuansa imlek yg penuh warna2 merah. selama seminggu ini aku sudah mampir ke CL, MTA dan Puri Indah Mall, masing2 memiliki dekorasi yg agak mirip2. Ada rumah2an gaya China dan di sekitarnya ada stand2 yg menjual barang2 yg berhubungan dengan imlek.

Mal Ciputra (Citraland)
Tema : Cultural Journey
Mengambil ide dari pelayaran Laksamana Cheng Ho maka dekorasinya pun menggunakan tiruan kapal raksasa dengan layar merah. Dekorasi kapal itulah yg dijadikan panggung. Tidak jauh dari situ ada rumah2an gaya China dan ada patung Laksamana Cheng Ho berdiri dengan gagahnya. Ada pula pohon2 jeruk tiruan. Ada pula stand2 bercat merah menjual pernak pernik imlek, ada hiasan2 kertas, amplop angpao, aneka mainan, patung2, gantungan HP dan lain2.

Layar kapal dengan tulisan tema Cultural Journey

Kapal yang dijadikan panggung

Rumah dengan patung Laksamana Cheng Ho

Mall Taman Anggrek
Tema : Nian Nian You Yu
Karena ngga tahu artinya jadi browsing di google dan menemukan artinya dari Kompas. "Nian Nian You Yu" merupakan salah satu frase yang sering diungkapkan warga Tionghoa peranakan dalam merayakan Imlek bersama kerabatnya. Setelah melewati main entrance, akan disambut pintu gerbang gaya China. Setelah melewati gerbang, akan melihat kolam ikan Koi bentuk bujur sangkar. Di dalamnya ada 9 ekor ikan Koi besar2, yg paling besar sekitar 50 cm! Yang pasti ikan2 Koi yang ada di kolam tsb ngga murah. 1 ekornya mungkin seharga Rp.500.000-Rp.2 juta tergantung motif dan warna2 ikannya.

Stand2 jualan di atrium

Pintu Gerbang dan kolam ikan Koi

Panggung gaya China

Mal Puri Indah
Tema : Exotic China
Dekorasi di Mal Puri Indah lebih "merah" karena karpetnya merah (CL dengan karpet biru, MTA dengan karpet hijau). Deretan standnya juga berjejer rapi dan padat sehingga memberi suasana sangat merah. Stand2nya juga jualan pernak pernik imlek spt di CL dan di MTA. Ada juga jual kue2 khas China spt aneka pia, moci, permen2 dll. Dekorasi panggungnya juga cantik dengan 2 buah gazebo bujur sangkat di kanan kiri. Ada pohon bunga sakura tiruan mempermanis suasananya.

Stand2 jualan

Deretan stand dan panggung di ujung

Panggung yg cantik

D
emikianlah hasil jalan2 dari ketiga mall dalam seminggu ini. Aku paling suka suasana imlek di Puri Indah Mall. Tapi yang paling menarik bagiku adalah kolam ikan Koi dari Mal Taman Anggrek. Tadinya aku mau motret ikan Koinya tapi ada 2 satpam berjaga ngga jauh dari situ maka ngga bisa kupotret. Melalui postingan kali ini, bagi yang merayakan kuucapkan:
GONG XI FA CAI !

9 komentar:

Cece™ mengatakan...

wah liputan dari mall... hehehe... keren2 ya.. tapi kalau ingat imlek yang kebayang angpaownya :)

Salam kenal...

Lily mengatakan...

seruuuuu....merah semuanya...thank Onik postingannya OK bunaget dah.

HAPPY CHINESE NEW YEAR (IMLEK 2560)
Angpau-nya dunk.....xixixi.

Johan Rusli mengatakan...

Nian Nian You Yu itu secara denotatif artinya 'Setiap Tahun (Nian Nian) Ada (You) Ikan (Yu)' tetapi Yu secara pengucapan juga bisa berarti 'berkelimpahan' atau 'berlebih' tetapi dengan tulisan/karakter Chinese yang berbeda. Jadi sebenarnya arti ungkapan Nian Nian You Yu itu dimaksudkan 'Setiap Tahun dianugerahkan kelimpahan'. Yah kelimpahan dalam hal ini artinya kelimpahan duit gitu lho. Ikan melambangkan kelimpahan dalam budaya chinese. Mangkanya sering kita lihat lukisan chinese banyak yang mengambarkan ikan selain bambu.

Farra mengatakan...

Tadi saya sempat ke emporium pluit, dekorasi imleknya biasa banget. Gong Xi Fa Cai ya !

Erik mengatakan...

Datang mau minta angpaonya, masih ada gak ya...

Dias mengatakan...

met imlek...

tikno mengatakan...

Gong Xi Fa Chai
Xin Nien Guai Le

Selamat Tahun Baru Imlek

Onik mengatakan...

Cece, iya dong... imlek = angpau :p
salam kenal juga :)

Lily, Gong Xi Gong Xi :)
minta balik angpau juga hihi...

Johan, thank you utk terjemahannya. Jadi ikan dan bambu lambang kelimpahan yah? wow u bisa bahasa Chinese? gw ngga bisa sama sekali T_T

Farra, Gong Xi Fa Cai juga :)
kapan nih kita jalan bareng lagi dan belanja2 hehe.

Erik, hihi udah ludes :p

Dias, thank you ^^

Tikno, Gong Xi juga :)

PinkRosyVCherry mengatakan...

hai, aku suka baca review mu. aku pengen kamu mereview eye treatment boleh gak yah? soalnya aku susah cari artikel / review eye tratment. secara mataku berkantung dan berlingkaran gelap.
thanks a lot!