Minggu, 04 Januari 2009

Bakmi Asui di Tanjung Duren


Tadi pagi kita sarapan bakmi Asui, ini pertama kali aku makan di sana. Katanya bakmi Asui ini mirip bakmi Alok dan bakmi Acang yg pernah kumakan sebelumnya. Ketika datang ke sana, tempatnya benar2 ngga menarik dan herannya di sana sangat ramai kayak pasar malam. Untung kita hanya berdua jadi mudah mendapat tempat duduk dan berbagi meja dengan pasangan lain. Setelah memesan ternyata lama sekali kita menunggu pesanannya datang.

Suasana kayak pasar malam

Semua meja terisi penuh

Setelah beberapa lama merasa kita ngga diperhatikan pelayannya, akhirnya 2 gelas teh tawar dan disusul 2 mangkok berisi kuah datang juga. Dan beberapa menit kemudian 2 mangkok bakmi ayam menyusul. Melihat tampilan bakminya, memang benar mirip bakmi Alok dan bakmi Acang (baca di sini). Cuma penyajiannya berbeda, karena ngga pakai daun bawang dan kuah kaldunya berbeda juga. Di bakmi Asui, kuah disajikan dengan campuran sayuran hijau. Sedang penyajian bakmi dan potongan daging ayamnya sama.

Bakmi ayam Asui

Kuah dengan sayuran hijau

Kita langsung menyantap begitu bakmi ayam disajikan. Menurutku, tekstur bakminya ngga begitu enak. Terlalu tebal, dan agak alot dan kurang terasa bumbunya. Potongan ayamnya terlalu tebal sehingga agak sulit dkunyah. Kuah dengan sayurnya juga ngga ada istimewanya kalau dibandingkan kuah dari bakmi Alok dan bakmi Acang. Soal rasa, menurutku paling enak bakmi Alok karena tekstur bakminya lebih tipis dan lentur. Kedua, bakmi Acang dan terakhir bakmi Asui. Yg mengherankan mengapa dari ketiga tempat bakmi tsb, bakmi Asui yg paling ramai padahal tempatnya juga ngga menarik. Apakah karena harganya lebih murah di banding kedua bakmi lainnya?

10 komentar:

wonderfulwortelworld mengatakan...

gue pernah nih makan sekali bakmi asui....emang tipe nya mirip ama bakmi alok..
di lidah gue rasanya mirip2 aja *badak* :P
ato karena gue kebanyakan ngasih cabe yah? :D

gue suka sih, cuma nunggu nya ampun!
mana panas lagi..
yang ada di otak: duh, sunscreen gue luntur neh! :P

Onik mengatakan...

cres (kebiasaan panggilnya cres hehe), bentuk bakminya beda kok. bakmi di Alok lebih tipis dan lebih empuk dibanding bakmi di Asui maupun di Acang. cuan porsi bakmi di Alok lebih dikit. di Asui porsinya paling banyak dan paling murah :D
Benar, nunggunya lama banget dan disorot sinar matahari pula. jadi kalo ke sana musti pake sunblock extra kali hehe... :p

Anonim mengatakan...

kalo kata gw sih enak...kalo ga enak ga mungkin rame lah...zzzzz..justru tempat2 yang begini ini, sarangnya makanan enak..wkwkwk

Onik mengatakan...

anonim, thanks dah mampir ke blogku :) aku terakhir kali mampir ke bakmi alok di jalan mangga sekitar bulan lalu ternyata udah ngga seenak dulu lagi... soalnya terasa lebih berminyak. ketika menyantapnya, mulutku jadi berminyak semua hehe...

ShapYdoLLs mengatakan...

Gw barusan makan sana, baru pertama kali sih, soalnya pengen cobain darahnya... buset rame bener, sama untung gw kesana juga ber 2 jadi gampang cari tempat duduk.... panas bener tempatnya ckckckck mana gw duduk tepat depan kompor kuah ma meja penjagalan lagi... wkwkwkw tapi okelah nilainya 8 ayamnya enak, bakmie tan ma alok rasanya mirip tapi ayamnya lebih gila bakmie asui punya :)

Kenny Sastro mengatakan...

kalo yg bilang bakmi ASUI ga enak sih ga ngerti makan bakmi namanya!!!

ALOK juga gw ngefans banget...

they are the BEST bakmis in town, FYI 2 ini ALOK&ASUI ini sodaraan... =)

OnikChan mengatakan...

ShapYdoLLs, bakmi tan yang di dekat bakmi Alok bukan? itu bakminya model lain dengan Alok, Asui maupun Acang :) luamayan enak, sayang skrg udah tutup.

Kenny, pernah coba makan bakmi Acang... mirip2 juga Alok dan Asui. enak juga dan penyajian bakminya mirip Alok. Bakmi dengan potongan ayam di atasnya. Lokasinya di Muwardi.

Arianto2good mengatakan...

Bakmi Alok gw nyoba yg di gading harga 27ribu n mengecewakan...
beda cabang beda rasa....mending yg ditanjung duren wae kalo mau beli...
utk org jakata timur pondok bambu ada bakmi Gloria...yg rasanya juara juga...ayamnya jg top...super melimpah....kaya Alok...tp ini murni minyak Ayam (Halal0 tp nga kalah sm yg Mr.Piggy).

OnikChan mengatakan...

@Arianto2good, iya seringkali tempat makan yang cabang mengecewakan dan ngga seenak dengan yang di pusat. Boleh dicoba tuh Bakmi Gloria, thanks untk infonya ^^

Sebastian Rozaqi mengatakan...

tau gak arti sebenernya baso sebaso gan?

mungkin ada yang belum tau, nih baso sebaso