Senin, 04 Agustus 2008

Kemacetan di Jakarta

Kita yg tinggal di Jakarta pasti udah terbiasa dengan kemacetan jalan raya yang sudah menjadi bagian dari hidup sehari2 kita, ngga terkecuali dengan saya. Walau sdh terbiasa tapi tetap saja jengkel dengan kemacetan ini, selain melelahkan juga meyita banyak waktu. Berangkat ke kantor di hari biasa membutuhkan waktu 1 jam, termasuk macetnya. Pernah ketika ke kantor pada jam yg sama di hari Sabtu (hari libur) ternyata hanya setengah jam udah sampe kantor.

Di sela2 kemacetan yg membosankan, kadang iseng2 kupotret keadaan jalanan yg penuh dengan mobil2 dan motor2 berseliweran selip sana selip sini. Bahkan jalur busway pun dipenuhi mobil2. Saking seringnya macet, sehingga jadi hafal beberapa mobil mana yg sering menjadi teman perjalanan setidaknya sampe jalan Arteri Pondok Indah. Di antaranya adalah 4 mobil jenis yg sama, memiliki nomer plat yg sama tapi huruf berbeda di belakang sehingga mudah diingat. Mobil2 tsb adalah 4 mobil Kijang Innova warna hijau muda dengan nomer plat B 138 AL, B 138 LI, B 138 AI dan satu lagi saya lupa huruf belakangnya apa. Pernah suatu hari ke-empat mobil tsb berjejer berurutan di jalur busway. Sungguh kejadian yg langka.

Kemacetan di antara Green Garden dan perempatan Pos Pengumben
(foto2nya dipotret dengan waktu yg berbeda2)

Kemacetan di antara Simprug dan Arteri Pondok Indah
(foto2nya dipotret dengan waktu yg berbeda2)

Pernah ketika weekend mau ke Kelapa Gading, masuk tol dari Jelambar baru jalan beberapa menit udah macet. Ternyata ada perbaikan struktur jalan tol yg pernah kena panas akibat kebakaran perumahan kumuh di bawah jalan tol. Mobil2 dari 4 ruas jalan menyempit jadi 1 ruas jalan. Bayangkan dengan panjangnya macet tsb membutuhkan berapa jam baru kita bisa keluar dari kemacetan ini.

Kemacetan panjang di jalan tol sekitar Mega Mall Pluit

Inilah Jakarta, walau macetnya gila2an tetap saja kita cinta Jakarta dan tetap mau tinggal di Jakarta :) Kita berharap saja agar pemerintah DKI Jakarta bisa segera memecahkan solusi kemacetan yg kian bertambah tiap tahun. Semoga nanti setelah busway beroperasi di Jalan Panjang, kemacetan dapat berkurang.

2 komentar:

blog oh blog mengatakan...

Yeah ... too bad but I love Jakarta, hahaha

GICM Aficionado mengatakan...

Aku sih pusing bensin yang ...
Mobilnya minum sirup ... pusing jadinya.