Minggu, 31 Agustus 2008

Mandala - Pearl S. Buck

Saya membei novel ini sudah lama, yaitu pada tgl 13 November 2007 (sempet bongkar2 email). Sabtu minggu lalu baru saya selesai membaca novel ini. Udah lama bgt yah, itu karena keranjingan main mini games, bikin blog dan nonton CSI sehingga novel Mandala jadi terlupakan hehe. Awalnya aku ngga tertarik membeli novel ini krn latar ceritanya mengenai budaya India sedang yg kusukai cerita dengan latar budaya Cina seperti novel2 Pearl S. Buck kebanyakan. Karena kehabisan novel Pearl S. Buck kesukaanku, maka aku membeli novel Mandala di Inibuku. Sudah tiga kali saya membeli buku di situ. Pernah sekali aku membeli di Bukabuku ternyata servisnya lama dan ngga secepat Inibuku, maka saya kembali membeli di Inibuku. Juga lebih gampang berhubungan dengan Inibuku Support melalui YM.

Mandala

Ini ada sinopsis dari balik novelnya, kuambil dari web Inibuku.
Jagat, sang Maharaja Amarpur, adalah seorang pemikir yang maju. Ia memiliki istri cantik bernama Moti dan dikaruniai sepasang keturunan: Jai dan Veera. Jagat memiliki impian besar, baik demi negara maupun keluarganya. Ia bercita-cita mendirikan India modern yang makmur, dan salah satunya adalah dengan mengubah salah satu istananya menjadi hotel mewah bertaraf internasional. Ia juga bercita-cita mengirim putranya untuk belajar di Oxford, namun sayang, sang putra, Jai, menolak rencana ayahnya dan memilih mengajukan diri turun ke medan perang.

Ketika Jai gugur dalam perang, Jagat dan Moti sangat terpukul. Perkawinan mereka pun goyah, karena meskipun selama bertahun-tahun mereka tampil sebagai pasangan harmonis, kesedihan akibat kehilangan putra mereka membuat Jagat dan Moti sadar bahwa selama ini mereka tak pernah saling mencintai. Di tengah-tengah kegalauan ini Jagat bertemu wanita yang telah lama menantikan dirinya, sementara Moti jatuh cinta kepada lelaki lain. Sanggupkah Jagat dan Moti bertahan di dalam perkawinan mereka, ataukah mereka memilih menyerah dan menyambut cinta baru yang disodorkan kepada mereka?

A
walnya agak membosankan krn kurang membangkitkan gejolak emosi dan ngga membuat penasaran. Isinya juga banyak menceritakan sejarah India, baik tentang peristiwa2 penting, nama2 tempat bersejarah maupun tempat2 yang indah utk dikunjungi. Baru ketika sampai bagian Jai gugur dalam perang dan Brooke muncul dalam hidup Jagat, barulah ceritanya menarik dan romantis :) Mandala bukan novel favorit tapi cukup menghibur, maka kuberi rating 4.

N
ovel karangan Pearl S. Buck favoritku masih Madame Wu dan The Good Earth. Reviewnya bisa dilihat di sini. Oh ya tadi siang sempat ke Gramedia Puri Indah, ternyata udah ngga ada novel Mandala. Entah apakah laris atau karena ngga laris maka ngga dicetak lagi. Sekarang saya lagi membaca buku The Naked Traveler yang kupinjam dari Farra.

2 komentar:

Farra mengatakan...

Hehehe ...
Lagi baca Naked Traveler ya?
Aku aja bacanya cuma setengah hari sth beli buku itu loh. Kan, itu ringan banget buat dibaca. Mungkin wkt itu aku emank semangat bacanya sampai habis. Okay, enjoy reading!!
Ttg sms u td malam, sorry aku udah tidur, capek!! Tar aku bales d. Tq

Onik mengatakan...

Far, iya akhirnya sempatkan diri baca The Naked Traveler. sorry lama bgt baru baca skrg hehe... u baca sampe selesai dlm 1/2 hari? hebat... aku baca kalo senggang aja, habis mata udah capek buat baca hehe...