Jumat, 08 Agustus 2008

Olimpiade Beijing 2008

Logo Olipmpiade Beijing 2008
"Dancing Beijing"

Hari ini tanggal 8 bulan 8 tahun 08, Olimpiade ke-29 yang diadakan di Beijing -China akan segera terlaksana. Acara pembukaannya diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik waktu China, jam 7 malam lewat 8 menit waktu Jakarta). Angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa. Olimpiade tsb akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 24 Agustus 2008.

Biasanya setiap Olimpiade memiliki satu hingga empat maskot, kali ini China menampilkan lima maskot bernama Fuwa (Bahasa Inggris artinya Friendlies) yg berarti bersahabat atau ramah. Maskot Fuwa terdiri atas 5 anggota: Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying, dan Nini. Setiap kata dari 5 nama itu dibuat agar terlihat seperti nama anak kecil, namun bila ditempatkan bersama, suaranya mendekati frasa "Běijīng huānyíng nǐ" yang berarti "Beijing menyambutmu".

Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying, dan Nini
"Běijīng huānyíng nǐ"

Demi Olimpiade ini, pemerintah China telah mengucurkan 40 miliar dollar AS untuk pembangunan infrastruktur baru dan juga menyediakan 13 miliar dollar AS lebih untuk memperbaiki kualitas lingkungan, yang meliputi pembongkaran dan pemindahan pabrik-pabrik serta menanam puluhan juta pohon baru. Beijing mendapat dana khusus 40 juta dollar AS dari Pemerintah China untuk pembangunan 3.700 toilet baru di penjuru kota. Semua pengeluaran itu menempatkan Olimpiade 2008 sebagai Olimpiade dengan biaya penyelenggaraan termahal.

Menurut BOCOG (Beijing Organizing Committee of the 29th Olympic Games) , untuk membangun sebanyak 12 stadion baru, dibutuhkan dana sebesar 13 miliar yuan atau US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 17 triliun. Dari dana yang disiapkan Pemerintah Tiongkok dan pihak swasta untuk pembangunan stadion tersebut, jumlah terbesar dikeluarkan untuk pembangunan Stadion Utama Beijing yang dikenal dengan julukan sarang burung (Bird's Nest). Stadion utama yang memiliki kapasitas 91.000 tempat duduk, telah dinyatakan selesai bulan lalu. Sedikitnya 10 pekerja tewas selama proses pembangunan Stadion tsb.

Stadion Bird's Nest yang termahal
(sumber: www.timesofmalta.com)

Upaya China menjadi tuan rumah yang baik tak hanya meliputi usaha pembangunan fisik. Mereka juga berusaha mengubah kebiasaan warga Beijing, yang dinilai tidak disukai orang asing. Pemerintah China sampai mendistribusikan 4,3 juta buku panduan mengenai hal-hal yang tak boleh dilakukan warga selama Olimpiade berlangsung. Warga, misalnya, tak diperbolehkan memakai pakaian dengan lebih dari tiga warna berbeda. Buku ini juga menyebut warga tak boleh memakai kaus kaki putih yang dipadukan dengan sepatu hitam atau memakai piama di tempat umum. Guna membuat Beijing sebagai tempat nyaman bagi sekitar 400.000 orang asing yang datang selama Olimpiade digelar, pemerintah setempat mengeluarkan aturan denda 50 yuan bagi warga yang meludah di area publik.

D
i Olimpiade kali ini , Indonesia mengirimkan 24 atletnya untuk cabang atletik, angkat besi, renang, panahan, layar, bulutangkis dan menembak. Bulutangkis merupakan cabang yang terbanyak mengirimkan atletnya yaitu 11 atlet, disusul angkat besi (5), atletik (2), renang (2), panahan (2), sedangkan layar dan menembak masing-masing satu atlet.

Berikut nama-nama atlet Indonesia untuk Olimpiade Beijing:
  • Bulutangkis: Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Markis Kodo, Hendra Setiawan, Luluk Hadiyanto, Alvent Yulianto, Nova Widianto, Lilyana, Flandy Limpele, Vita Marissa (ini dia sepupuku juga ikut berjuang), Maria Kristin Julianti.
  • Angkat besi: Raema Lisa Rumbewas, Eko Yuli Irawan, Triyatno, Edi Kurniawan, Sandow Weldemar Nasution.
  • Atletik: Suryo Agung, Dedeh Erawati.
  • Renang: Doni B Utomo, Fibriani Ratna Marita.
  • Panahan: Rina Dewi, Ika Yulianan Rachmawati.
  • Layar: I Gusti Made Oka Sulaksana
  • Menembak: Yosheefin Shilla Prasasti
Selamat berjuang para wakil bangsa Indonesia... bagaimanapun hasilnya, menang atau kalah tidaklah penting... yang penting Olimpiade adalah pertandingan persahabatan dunia :)

Sumber:
www.wikipedia.org
www.antara.co.id
www.kompas.com
www.suarapembaruan.com

5 komentar:

Koran Saya mengatakan...

Acara pembukaannya berlangsung spektakuler, tapi sayang First Media mengacak acara tsb. Untung saya masih bisa pakai antena TV biasa.

Onik mengatakan...

oh jadi gara2 diacak First Media jadi ngga bisa nonton, sedihnya :(... pdhl banyak yg bilang olimpiade kali ini paling spektakuler.

Ameliapt mengatakan...

hi Onik chan,

setuju sekali kalau olimpiade kali ini yang paling spektakuler. Mudah-mudahan ada siaran ulangnya atau bisa nonton di youtube.

blog oh blog mengatakan...

Iya donk .. ini paling spektakuler !!
Hebat ya tuch China.

GICM Aficionado mengatakan...

Sabar yang ... aku yakin pasti dijual DVD nya ... tenang aja ...
Lagian aku liat sekilas biasa aja ... kalau sering nonton CCTV tiap minggu pasti ada acara kayak gitu. Cuman di Olimpiade ini lebih besar.

Tulisan mu yang ini bagus yang ...
Kok jadi banyak yang liput olimpiade ya ... hehehe ...
Keep blogging.