Rabu, 03 Desember 2008

Sunblock... Sunblock...

Gara2 mampir ke forum FD, aku mendapat banyak informasi pentingnya sunblock. Segala bentuk penuaan dini dan keriput bisa diminimalkan dengan pemakaian sunblock yg rajin dan memadai (jumlah cukup dengan SPF cukup dan UVA-UVB filter). Sunblock dengan spf minimal 30 dan tetap harus di-reapply setelah 2-3 jam terutama yg sering keluar ruangan dan yg berkeringat. Aku diceritakan kalo pernah ada acara di Oprah Show yg menampilkan 2 wanita, di mana yang satu tampak muda. Sedang wanita yg satunya lagi tampak lebih tua. Dan yg mengejutkan adalah ternyata usia mereka sama. Ketika wanita yang tampak lebih muda itu ditanya bagaimana bisa tampak awet muda, katanya karena rajin memakai sunblock sejak masih muda! Sudah jelas hal itu merupakan bukti kalo sunblock membantu mencegah penuaan dini dan keriput serta membuat awet muda.

Apa sih SPF itu?
SPF singkatan dari Sun Protection Factor.
Artinya SPF tuh waktu yang bisa ngelindungin kita lebih lama di bawah matahari sebelom kulit kita terbakar. Kalau ada tulisan SPF 15 artinya 15 dikali waktu biasa kulit kita terbakar. Kalau tanpa sunblock biasa kita dalem 10 menit kulit udah kebakar, tapi kalau pake sunblock SPF 15 artinya kita bisa bertahan 150 menit. Tapi tetep aja ini gak bisa dijadiin patokan yang pasti. Soalnya ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

Apa itu Broad Spectrum?
Kalau sering liat kata broad spectrum di kemasan sunscreen, ini artinya sunblock itu bisa menangkal UVA dan UVB. Jelas dong kalau SPF aja gak cukup. Makanya kita perlu pilih sunblock yang bisa menangkal UVA juga, ini bisa didapetin kalau didalemnya terkandung Zinc Oxide, Titanium Dioxide, atau Mexoryl SX/XL.

Apa bedanya UVA sama UVB?
UVB bisa nyebabin kita terbakar atau pengelupasan kulit. Misalnya kita berenang siang-siang terus kulit kita jadi item, itu efek dari UVB, emang efeknya langsung keliatan tapi ini cuma sementara. Buat mencegah UVB kita harus memilih sunblock yang SPFnya cukup tinggi.

SPF 15 = menangkal 93% UVB
SPF 30 = menangkal 97% UVB
SPF 45 = menangkal 98% UVB

Dan sebenernya UVA jauh lebih berbahaya dari UVB, soalnya walaupun gak keliatan sekarang, tapi efeknya dalam jangka panjang yang bisa nyebabin kanker kulit, keriput, atau flek. Buat mencegah UVA kita harus memilih sunblock yang tingkat PPAnya oke.

PA+ = PPD 2-4
PA++ = PPD 4-8
PA+++ = PPD >8

sumber: Vanilla Latte dari Gurl. me

UVB protection: Padimate O, Homosalate, Octisalate (octyl salicylate), Octinoxate (octyl methoxycinnamate). UVA protection: Avobenzone. UVA/UVB protection: Octocrylene, titanium dioxide, zinc oxide, Mexoryl (ecamsule)

SPF alone IS NOT CUKUP karena SPF hanya mencegah agar kulit tidak terbakar. SPF itu untuk mencegah UVB (B=Burn=terbakar). Sementara untuk mencegah kerusakan kulit (kanker kulit/melanoma atau penuaan/keriput/noda hitam) dibutuhkan sunscreen yg tinggi kandungan UVA-nya (A=Aging=penuaan). Begitu bersentuhan dgn produk lain di kulit (foundation, bedak, krim2 lainnya), kekuatan SPF berkurang 50%. Maka sangat disarankan untuk menggunakan sunblock dgn SPF minimal 15. Paling baik adalah SPF 30 utk penggunaan sehari-hari.

K
esalahan yg paling banyak adalah tidak cukup banyak sunscreen yg digunakan/terlalu tipis dan lupa untuk mengulangi. Sunscreen harus diulangi setiap 2 jam, maksimal (ini kalo terpapar sinar matahari terus2an misalnya berenang atau berjemur). Paling bagus kalo diulangi setiap 20 menit. Jangan lupa bagian mata di-sunscreen yaaaa... Kata Dr Denese, seluruh masalah kerusakan kulit (kanker dan aging) selalu disebabkan oleh matahari.

Sumber : Dunia Dandan dari Fashionesedaily

Face Sunblocks

Karena ngeri dengan dampak jangka panjang dari sinar matahari terhadap kulit, aku pun mulai terobsesi dengan sunblock dan membeli macam2 sunblock terutama sunblock utk wajah. Berbagai merk sunblock pun kubeli. Inilah sunblock2 buat muka:
  • Garnier UV Protect SPF 50 (Beige)
    Kupakai untuk sehari2, tekturnya ringan, bagiku masih lengket di muka tp lebih cepat kering daripada Loreal UV Perfect. Warna Beige atau white sebenarnya sama saja krn hasilnya transparan. Daya proteksinya menurutku masih kurang, krn masih membuat muka kemerahan setelah menyetir sejam di pagi hari.
  • Nivea Face Sun Block Moisturizing Cream SPF 30
    Sunblock paling greasy, membuat muka sangat berminyak ketika diapply di muka tp setelah dibedaki ngga membuat muka cepat berminyak. Proteksinya lebih baik drpd Garnier maupun Loreal.
  • Biore UV Perfect Face Milk SPF 50 PA+++
    Mengandung alkohol cukup tinggi, cepat kering, ngga berminyak tapi kemudian cepat berminyak sejam kemudian setelah bedakan. Ketika kupakai sunblock ini, tercium bau sunburn terus menerus sampai kubersihkan wajah dari sunblocknya. Karena ngga suka, sunblock ini udah kujual :)
  • The Skin Food Aloe Vera Sun Spray SPF 28 PA++
    Sun spray ini kubeli krn ingin kemudahan dalam reapply sunblock di perjalanan tapi ternyata ngga semudah itu karena hasil spraynya bukan butiran halus spt yg kubayangkan melainkan butiran besar seperti foam. Ketika disemprot ke muka, baju bisa ikut basah dan muka tampak bintik2 putih foamnya dan harus diratakan lagi pakai tangan. Kadang kupakai reapply buat tangan juga.
  • The Skin Food Aloe Sun Essence SPF 27 PA++
    Sunblock ini kesukaanku tapi sayang SPF maupun PA nya kurang tinggi. Teksturnya enak dan wangi. Masih meninggalkan lengket2 di muka sebelum bedakan. Biasanya sunblock ini kukombinasikan dengan BB cream.
  • The Skin Food Peach Sake Sun Lotion SPF 32 PA++
    Belum dibuka plastik pembungkusnya :)
  • Loreal UV Perfect SPF 50
    Ini sunblock pertamaku dengan SPF 50, kini udah habis. Tekstur maupun proteksinya mirip Garnier UV protect cuma Loreal ini lebih lengket dibanding Garnier.
  • Banana Boat Sport Dri-Blok SPF 30
    Belum dibuka plastik pembungkusnya :)
Body Sunblocks

Lalu kini body sunblock, koleksinya ngga banyak antara lain:
  • Banana Boat Sport SPF 30
    Sunblock ini kubeli ketika mau melakukan perjalanan ke Yogyakarta, ternyata kental dan lengket sekali dan agak sulit diratakan ke tangan kaki. Walau gitu, proteksinya ok.
  • Nivea Protective Sun Lotion SPF 20 PA++
    Kugunakan utk sehari2 ke kantor, kini udah mau habis.
  • Vaselline Healthy Sunblock SPF 30
    Sunblock yg kini jadi favoritku, pengganti Nivea Sun Lotion. Wanginya jeruk menyenangkan dan ngga terlalu kental. Kupakai untuk sehari2, kalau berangkat dan pulang kantor biasanya kupakai jaket.
  • Nivea Body UV Protection Lotion
    Kupakai untuk kaki karena sehari2 ke kantor aku selalu pakai celana panjang jadi ngga pake sunblock berSPF biar ngirit :p
Nah gimana dengan kalian? Sudahkah kalian memakai sunblock? Penting sekali lho. Jangan lupa, 15 menit sebelum keluar ruangan pakailah sunblock terlebih dahulu agar sunblock bisa meresap ke kulit dan bisa bekerja dengan baik untuk melindungi kulit. Aku sekarang mengincar sunblock dari Boots dan Neutrogena, ntar aja setelah semua sunblock habis atau tinggal dikit :)

34 komentar:

selvyna mengatakan...

DOENK!!
*kaget bgt bacanya*
selama ini cuma make sunblock klo bener2 bakal berjemur di terik matahari....
gak nyangka ternyata sepenting ituuuuu... aaarrggghhh.. *jedut2 kepala ke dinding*

Farra mengatakan...

U mau gak neutrogena SPF 15 FPS oil-free yg buat muka? Atau emank kamu butuh buat seluruh body?

Kl gak salah ada 2 botol neutrogena buat muka. Exp sampai July 2009.

Kl bener ternyata ada 2 botol, tar aku kasih satu buat kamu(krn udah mau tahun 2009, kan sayang kl mau kadaluarsa).

Gak usah sungkan kl u emank butuh itu. Aku jg pake itu loh setelah SPF skin foodnya habis.

Ok?

Anonim mengatakan...

Informasi berharga ... Thanks
-PrinceKorea

stephanie mengatakan...

ampyuuuun nik.. koleksinya ^_^

Melly mengatakan...

Thank's infonya, kirain kl nga kejemur matahari langsung nga perlu pake :D

Onik mengatakan...

Selvyna, lebih bai terlambat drpd ngga sama sekali. hayo mulai besok rajin pake sunblock :)

Farra, aduh kamu udah kasih banyak barang buatku hehe... u ngga pake sendiri aja? u lihatlah koleksi sunblockku, gimana aku menghabiskannya hehe... bisa2 1 tahun baru habis :p thank you, Farra

Prince Korea, ooow prince yg mana yg mana tuh :p

Stephanie, hehe... mustinya sunblock bukan buat dikoleksi tapi dipake. habis ingin ini itu jadinya numpuk :D kini u pake sunblock apa?

Melly, iya banyak yg mengira gitu. aku dulu juga begitu ternyata itu sangat keliru. jadi hayo dipake sunblock yg rajin :)

twiddle-dee mengatakan...

hmm.. jadi mikir beli sunblock.. jadi yang paling bagus yang mana nih? hehe

Devi mengatakan...

Wah banyak banget sunblocknya! :D

Lily mengatakan...

Ihhhh...banyak amirrr sunblocknya, lemparin atu dunk Onik...hehe.

Kira2 yang mana yang bagus Onik dari sederetan tuh..???

archie mengatakan...

^.^ onik, info penting nih!
gue dah beli vaseline botol orange itu. dipake enak, ngak lengket. orang 1 rumah gue suruh pake.

cuma lagi bingung yang untuk muka bagus mana. dari review lu, kayaknya bagusan yang garnier ya..

Onik mengatakan...

Twiddle Dee, kalo yg harga yg ngga mahal Garnier bagus kok. Kalo mahal2 sih ada banyak dan ngga kubeli :p Banana Boat khusus Face (tube biru muda) denger2 bagus reviewnya.

Devi, hehe banyak yah... makanya ada yg ngga kubuka biar tahan lama dan ngga rusak :)

Lily, *nih tangkap* :p Lorealnya udah habis. Biore udah dijual, 2 belum dibuka jadi tinggal 4 yg harus cepet2 dihabiskan :)

Archie, aku juga suka Vaseline sunblocknya. Betul, suruh keluargamu pake sunblocknya tiap hari! Yup Garnier ok soalnya spf tinggi, ada UVA-UVB filter dan ngga mahal. Walau gt aku masih cari2 yg ngga lengket agar bisa pake MMU ^^

Erik mengatakan...

Mbak Onik, kalau menggunakan dari berbagai merk begitu, apa gak ada kemungkinan bentrok/komplikasi?

ika mengatakan...

aq cuma pake sunblock kalo mo ke waterpark ajahhh........ hehehe... itupun cuma Parasol yang SPF 15 ajjaaahhh.... standart yahhh??????

angelucu mengatakan...

ci onik,
sbegitu pentingkah pake sunblock? huhuhu, bis aku ga suka pake sunblock, palagi bwat muka, jd tmbh berminyak, dan yg lbh nyebelin, mukanya jadi kliatan "bling2" (susah menjelaskan dgn kata2) pokonya yg mengkilaaaaap bgt, kayaknya cahaya yg mampir ke mukaku dipantulkan smua, muka jd kliatan kotor gt=( gmn dunk?????

archie mengatakan...

^.^ tiap pagi gue todong ade2 pake sunblock. onik, gue dah beli garniernya. belum coba sih. emangnya sunblock ini bikin lengket?

*bingung* tunggu peach sake emulsion bisa 5 mnt, kalo tambah tunggu sunblock, bisa2 gue telat ngantor..

Onik mengatakan...

Erik, aku ganti2 sunblock ngga tiap hari kok. tiap 1-2 minggu aku ganti sunblock secara bergiliran hehe... sejauh ini ngga ada masalah :)

Ika, parasol kayaknya ngga waterproof/water resistant jadi bisa luntur kena air. sangat disarankan pakai sunblock tahan air minimal spf 30 kalo renang seharian. juga harus re-apply sunblocknya tiap 2 jam :)

Angelucu, iya sunblock sangat penting kalo u ngga mau terjadi penuaan dini dan vlek2 lebih awal. aku juga kalo pake sunblock muka jadi mengkilap dan lengket. tunggu 10 menit setelah merasa cukup kering baru kutimpa loose powder, jadinya ngga lengket dan mengkilap lagi :)

Archie, buatku semua sunblock masih membuat lengket dan mengkilap kecuali Biore yg bau alkoholnya keras ngga bagus buat kulit. Cuma Garnier yg paling mendingan di antara semua sunblock yg pernah kucoba :)
Setelah pake peach sake emulsion tunggu 5 menit, lalu pake sunblock tunggu 5 menit baru pake loose powder. asal jangan panas2an biar cepet kering ^^

ct_meech mengatakan...

Wow terima kasih ya reviewnya, saya juga segera mau beli sunblock ah. Apalagi nanti mau berlibur ke pantai. Terima kasih ;)

Onik mengatakan...

kalo mau ke pantai, makin harus pake sunblock! pipihlah sunblock minimal spf 30 yg anti air, tiap jam harus di-reapply... memang repot tp sangat penting. selamat berlibur ^^

~margaretha~ mengatakan...

Saya mulai rutin memakai sunblock sejak enam bulan yang lalu. Memang sih bikin kulit sedikit berminyak, tapi kulit saya jadi lebih sehat, kenyal, dan nggak gampang teriritasi. Bekas jerawat juga lebih cepat menghilang.. Pernah juga iseng berhenti pake sunblock, yang ada malah kulit jadi gampang merah dan terasa kasar. Sejak itu, nggak pernah absen make.. :D

Onik mengatakan...

Margaretha, sunblock memang bikin muka greasy tp membuat kulit lebih sehat dan awet muda utk jangka waktu panjang. pasti ngga akan menyesal :)

The black Rose mengatakan...

onik,mw tanya dech. . .
pk sunblock tuh perlu di ulang bera[pa kali sih dlm sehari?
apa cukup pake sekali aja?
kalu di ulang2 ,make up nya gmn dunk?
di apus dulu?^_^(ga pnh pk sunblock ni....)

Onik mengatakan...

The Black Rose, perlu reapply atau ngga tergantung seberapa besar paparan sinar matahari dan SPF sunblock yg dipakai. kalo u melakukan aktivitas di luar, sebaiknya reapply tiap jam. bisa pake sunblock spray ato compact powder yg ada SPF kayak punyaku (http://onikchan.blogspot.com/2009/01/skin-food-apple-whitening-sun-pact.html) ^^

haters to the left mengatakan...

Mau tanya donk. Aku sehari-hari cuma pake Nivea Body UV Protection Lotion, dan kl ke eskpose matahari cukup lama juga (namanya jg ngangkot hehehe). Nivea itu udh cukup melindungi atau ga sih? Kan udh anti UV.

Trus kalo yang keluaran Vaseline itu enak ya? Tapi agak jarang keliatan ni produk kynya ya Xp

Onik mengatakan...

hai, haters tp the lefts...
produk Nivea Body UV Protection Lotion itu menurutku sangat kurang utk kegiatan outdoor. Aku juga punya Nivea tsb, itu ngga tertulis Spf berapa kan? Nivea itu biasanya kupakai utk kaki (krn pake celana panjang) kalo keluar rumah dan juga kupakai buat tangan dan kaki kalo di rumah saja hehe... efek jahat dr matahari juga bisa masuk ke rumah melalui jendela lho.
Kalo keluar rumah, pakailah sunblock minimal SPF 30 PA ++ dengan tulisan anti UVA dan UVB.
Ngga hanya utk badan, pakailah utk muka juga (wajib banget!).
Vaseline sunblock memang udah sulit ditemukan maka ketika ada langsung kuborong beli 5 botol sekaligus hehe... kubeli di Diamond Mall Artha Gading. Kayanya di drug store kayak Century, Guardian masih ada kok. Vaseline sunblock enak pakainya krn ngga lengket dan wanginya jg enak :)
Oh ya pakai sunblock jangan pelit, krn kalo hanya tipis2 jadi sia2 lho... dan pakainya minimal 15 menit sblm keluar rumah.
Thank you dah mampir :)

Anonim mengatakan...

btw kalau sunblock Sebamed spf 50 atau ROC spf 50 apa ada yg pernah pake? Kulit gw kan berjerawat dan berminyak kalau spf 50 kan creamy banget, gimana tuh ya.
Ada masukan? ths so much

Anonim mengatakan...

nik,aq mw nanya nih..
kira2 klo buat kegiatan kyk brenang atau k pantai gt,mndingan pake sunblock merk ap yh?
thx..

Onik mengatakan...

@Anonim... udah pernah kubaca2 review bahwa sebamed sunblock membuat greasy di muka dan whitecast maka sampe skrg blm pernah kucoba. utk ROC spt denger2 bagus. sunblock yg semakin tinggi spf akan semakin greasy maka wajar2 aja :)
kalo mau spf tinggi tp ngga greasy boleh dicoba merk Loreal atau Garnier spf 50 PA+++, keduanya udah kucoba tetap rasanya masih kurang proteksinya. jadi aku ngga keberatan sunblcok yg greasy asal proteksinya bagus :)

utk kegiatan renanga tau pantai pakailah sunblock yg water resistant/water proof. apa saja juga ok kok. utk badan aku pake vaseline sunblock spf 30 direapply tiap 1-2 jam sekali kalo sering di bawah sinar matahari. utk muka kupakai sunblock apa saja yg spf 50 PA+++, merk apa saja ok asal cocok dan direapply terus selama masih beraktivitas di luar. bisa direapply pake bedak berSPF kalo ngga sedang renang.

thya mengatakan...

Onik.. aku kan mau ke pantai 3 hari gitu..
bagusnya pake sublock yang mana ya..
tulis merk nya langsung aja ya onik..
yang onik recomend gtu..

abis aku klo uda item gtu susah balikin ke putihnya lagi.. :(

makasih onik. :)

Anonim mengatakan...

q zheea...onik thankz bgt y infox...bermanfaat bgt...q mo nanya nih...klo untuk daerah timur(NTT)yg emang terkenal panas bgt n meskipyn kita g keluar rmh tetep z klitnya item..so sun block yg bgus tuk daerah tu ap y..thankz

Onik mengatakan...

@Thya, sunblock utk badan saat ini kupakai merk vaseline yg botol warna orange. sunblock utk muka, aku sering ganti2 merk (the skin food, neutrogena, banana boat, nature republic dll). utk sunblock muka, selalu kupilih yg SPF 50 PA+++.
yang perlu diperhatikan adalah makin tinggi makin baik dan sedapatnya pilih yang PA+++ (untuk mencegah penuaan dini) yang biasanya baru ada utk sunblock SPF 50. sebaiknya dibedakan antara sunblock untuk muka dan wajah karena kulit muka lebih sensitif daripada kulit badan.
kalo mau beraktivitas di bawah matahari dlm waktu lama, sangat disarankan mengulangi pemakaian sunblock tiap 1 jam baik di wajah maupun di muka.

@Zheea. Walau di rumah, tetap harus pakai sunblock soalnya UVA & UVB masih bisa menembus melalui jendela ato bukaan2 lainnya di rumah. kalo di dalam rumah masih terasa panas, maka tetaplah pake sunblock dengan SPF minimal 30. akan bagus kalo SPF 50 PA+++ utk mencegak kulit hitam dan penuaan dini.
Sis bisa pilih sunblock yg merk terkenal yg banyak dijual di supermarket. aku sendiri pake vaseline sunblock botol orange utk badan. utk muka, aku suka yg merk korea, soalnya cocok untuk kulitku.

Miss ami mengatakan...

Halo..saya mau nanya...tadi siang aku baru beli sunblock banana boat yg spf 50...nah pas udah nyampe rumah, aku baca bagian belakangnya, ternyata ada tulisan "FOR VERY HIGH PROTECTION AND A MOISTURISED TAN"..Nah looh..yang aku bingungin, kenapa ada kalimat "MOITURISED TAN", apa maksudnya??..apa dengan meng-apply banana boat bisa bikin kulit jadi tan???..makasiy

nifa inti pratiwi mengatakan...

menurut anda. kalo yang nivea whitening sunblock spf 50 bagus gak?

toolsribs mengatakan...

ka onik...
makasi atas infonya,,slama ne aku bnggung perbedaan antara spf 24 dan 30 untuk body....??bagusan yg mana???
se X lg aku tanya hehehe...
semakin tinggi spf nya semakin bagus pula perlindungannya kan???

klo domisili aku di purwokerto jateng,cocoknya pke yg spf brp ka..?

makasiii ya..aku tunggu jwbnya...

Indria Dewi mengatakan...

Bener nih kalo sunblock itu penting banget. terutama buat aku yang kerja di proyek dan harus berjemur.
aku pake produk dari banana boat dengan spf 50. ada yang untuk wajah dan badan. mengandung aloe vera (tubenya warna ijo). aku cocok banget dengan banana boat for face. nggak lengket (walopun wajahku tipe berminyak) karena sunblock ini oil-free.
aku udah coba produk yang sama dengan spf lebih tinggi. yang spf 80 dan 110 (aku surprise banget ada yang spfnya lebih dari 100). tapi susah apply ke badannya soalnya terlalu 'kental', jadi aku pake yang 50.
meskipun pake sunblock spf tinggi tapi tetep hindari matahari langsung dan re-apply (walopun bilangnya anti air ato anti keringat).